VALIDASI ATAU MEMASUKAN ANGKA SAJA DI TEXTBOX VB. NET

Validasi atau Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net - Dalam membuat sebuah aplikasi di VB. NET, seorang programmer dituntut agar aplikasi tersebut sangat mudah digunakan oleh penggunanya. Ada kalanya disaat kita membuat sebuah aplikasi banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesign User interface supaya familiar oleh pengguna. Contoh kecilnya disaat kita membuat aplikasi yang hanya bisa diinputkan berupa angka saja, seperti input no telepon, harga barang, biaya,speed mesin dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut menuntut kita agar inputan yang masuk hanya bisa disis angka saja. Intinya yaitu supaya meminimalisir kesalahan yang dilakukan user.

Validasi atau Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net

Pada gambat diatas pada Textbox speed hanya bisa menerima inputan angka saja. Dan berikut ini adalah Cara Validasi Agar Textbox di VB.Net hanya bisa menerima input angka saja.
  • Pertama seperti biasa anda buka aplikasi VB. Net kemudian buatlah project baru tambahkan sebuah form dan sebuah text box. Kemudian klik kanan pada form tersebut pilih Code View, 
Validasi atau Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net
  • Perhatikan gambar diatas , setelah anda pilih Code View maka akan muncul dua pilihan lagi yaitu pada class name pilih textboxt dan pada Methode Name pilih even Keypress. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas. Setelah itu masukan koding dibawah ini.
If Not ((e.KeyChar >= "0" And e.KeyChar <= "9") Or e.KeyChar = vbBack) Then e.Handled = True
  • Keterangan coding: 
  • Coding diatas adalah memberikan perintah supaya textbox memiliki batasan hanya dapat menerima input atau masukan berupa angka saja. Selain angka, karakter apapun yang diinput di textbox tersebut tidak akan pernah muncul.
  • Proses cara agar textbox hanya bisa diinput angka  pada VB.Net telah selesai, sekarang anda coba running program tersebut. Jika sukses maka textbox tersebut hanya bisa menerima inputan angka saja tetapi jika gagal maka textbox tersebut bisa menerima inputan angka maupun huruf dan juga karakter.
Sekian dulu tutorial dari mengenai Validasi atau Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net, Mudah-mudahan artikel tersebut memberi manfaat bagi semua orang. Jika anda memiliki pertanyaan silahklan berkomentar di bawah. Terima Kasih

Tag : VBNET
5 Komentar untuk "VALIDASI ATAU MEMASUKAN ANGKA SAJA DI TEXTBOX VB. NET"

Kalo misalnya ada 2 buah textbox...trs kalau kita mau memasukkan jumlah angka ke txtbox yg pertama dari textbox kedua caranya gimana ya? Contohnya di textbox2 kita masukan +2 trs pas tekan enter di textbox1 jdnya isi nilainya 2....gimana ya caranya biar bisa begitu??

Kalo misalnya ada 2 buah textbox...trs kalau kita mau memasukkan jumlah angka ke txtbox yg pertama dari textbox kedua caranya gimana ya? Contohnya di textbox2 kita masukan +2 trs pas tekan enter di textbox1 jdnya isi nilainya 2....gimana ya caranya biar bisa begitu??

Get prime stories and weblog posts emailed to me each day.

I used to be able to find good advice from your content.



Look into my website: abdul kalam quotes on work

I have been browsing on-line greater than 3 hours as of late,
but I by no means discovered any interesting article
like yours. It's lovely worth enough for me. In my
opinion, if all site owners and bloggers made excellent content
as you did, the net shall be a lot more useful than ever before.

Back To Top