Validasi Textbox Dengan ErrorProvider VB.Net

Cara Memberikan Validasi Dengan ErrorProvider Di VB.NET - Apakah Anda sudah bosan menggunakan Validasi biasa-biasa saja pada Textbox atau komponen lain yang ada pada Vb.Net. Anda bisa mencoba alternatif validasi ini pada program yang anda buat. Tanda ini serupa dengan tanda yang sering kita jumpai disaat Anda lupa memasukant suatu data pada form di sebuah website misalnya  formulir pendaftaran email baru. Validasi atau peringatan ini lumayan keren dan harus Anda coba. Validasi ini bernama ErrorProvider, Validasi ErrorProvider akan muncul disaat TextBox atau komponen lain yang tidak diisi/kosong atau Anda bisa juga menggunakan dalam peringatan lain menurut logika Anda sendiri.

Cara Membuat Validasi Textbox Dengan Error Provider VB.Net

Control Error Provider akan kita gunakan untuk menampilkan tanda kesalahan atau marker suatu syarat tertentu yang  harus dipenuhi oleh pengguna program aplikasi. Berikut ini Langkah-langkah Membuat Validasi Dengan ErrorProvider Di VB.NET.
  • Pertama buat projet baru lalu tambahkan sebuah form kemudian seret semua komponen yang dibutuhkan seperti Label, TextBox, ComboBox, Button dan yang terpenting adalah ErrorProvider. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Cara Membuat Validasi Textbox Dengan Error Provider VB.Net
  • Setelah Anda selesai menambahkan semua komponen yang dibutuhkan, lalu rubah semua nama komponen tersebut sesuai pada gambar diatas.
  • Selanjutnya klik dua kali pada Button Save, lalu masukan koding berikut ini
      Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        If (TextBox1.Text = "") Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "Kode barang tidak boleh kosong")
            TextBox2.Text = "0"
            ComboBox1.Text = "Pilih"
            TextBox1.Focus()
        End If
    End Sub
  • Keterangan: Coding tersebut memberikan perintah disaat button save di klik dan TextBox1 tidak terisi maka akan muncul tanda merah berkedip di sebelah TexBox1 tersebut. Dan jika kursor diarahkan ke tanda merah tersebut akan muncul pemeberitahuan " Kode barang tidak boleh kosong".
  • Proses membuat validasi pun telah selesai. Sekarang silahkan Anda running program tersebut dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Dan jika Anda sukses dan tidak error maka akan seperti gambar paling atas.
Sekian tutorial dari saya mengenai Cara Membuat Validasi Textbox Dengan ErrorProvider VB.Net. Mudah-mudahan tutorial ini bisa memberi manfaat bagi kita semua." Aamiin". Terima Kasih

Dan saya juga membuat video mengenai Cara Membuat Validasi Textbox Dengan ErrorProvider VB.Net, silahkan Anda putar video berikut ini.

Tag : VBNET
0 Komentar untuk "Validasi Textbox Dengan ErrorProvider VB.Net"

Back To Top