MEMBUAT AUTO NUMBER ATAU KODE OTOMATIS DI VB. NET

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai Cara Mudah Membuat Auto Number atau Kode Otomatis pada VB.Net 2008, tetapi sebelum membahas langkah-langkah tersebut alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui fungsi dari autonumber tersebut. Fungsi dari autonumber yaitu mencegah duplikat data pada sebuah database dan juga memudahkan user dalam sebuah inputan. Kode otomatis akan bertambah secara sequensial (berurutan) sesuai dengan item yang di input pada database. Sebagai contoh sebuah transaksi yang biasanya akan disetting secara otomatis yaitu kode anggota, kode barang, kode parkir, kode buku dan lain sebagainya.

Tetapi sebelum membuat kode otomatis atau autonumber di VB.Net sebaiknya anda harus bisa membuat tentang koneksi dan membuat database nya. Jika anda belum bisa membuatnya silahkan baca artikel saya mengenai Membuat Modul Koneksi di VB.Net dan Cara Membuat Database di Sql Server dan jika anda sudah menguasainya, silahkan lanjutkan membacanya.


Berikut adalah Langkah-langkah Membuat Auto Number atau Kode Otomatis pada VB.Net 2008.
  • Pertama pastikan bahwa komputer anda sudah terinstal aplikasi VB.Net setelah itu buka aplikasi tersebut dab buatlah project baru kemudian add form, lalu pada form tersebut tambahkan textbox dan label kemudian klik dua kali pada form tersebut dan patekan koding dibawah ini  
buka() ' Memanggil koneksi di module
        cmd = New SqlCommand("select * from tbbarang order by kdbarang desc", koneksi)
        baca = cmd.ExecuteReader
        baca.Read()
        If Not baca.HasRows Then
            txtkdbarang.Text = "BR" + "0001"
        Else
            txtkdbarang.Text = Val(Microsoft.VisualBasic.Mid(baca.Item("kdbarang").ToString, 4, 3)) + 1
            If Len(txtkdbarang.Text) = 1 Then
                txtkdbarang.Text = "BR000" & txtkdbarang.Text & ""
            ElseIf Len(txtkdbarang.Text) = 2 Then
                txtkdbarang.Text = "BR00" & txtkdbarang.Text & ""
            ElseIf Len(txtkdbarang.Text) = 3 Then
                txtkdbarang.Text = "BR0" & txtkdbarang.Text & ""
            End If
        End If

  • Koding diatas adalah koding membuat kode otomatis atau autonumber di VB.Net, Penempatan koding tersebut bisa anda tempatkan di method load atau juga bisa juga dengan membuat sub baru, sesuaikan dengan keinginan anda.
  • Proses membuat kode otomatis pad VB.Net telah selesai, sekarang anda telah bisa membuat autonumber sendiri. Dan untuk memastikan eror tidaknya program tersebut, silahkan anda running dengan menekan tombol F5.
Sekian tutorial sederhana mengenai MEMBUAT AUTONUMBER ATAU KODE OTOMATIS DI VB. NET, mudah-mudahan tutorial tersebut memberikan manfaat bagi semua orang. Dan jika anda memiliki pertanyaan, silahkan menghubungi saya atau silahkan berkomentar dibawah ini. Terima Kasih

Tag : VBNET
2 Komentar untuk "MEMBUAT AUTO NUMBER ATAU KODE OTOMATIS DI VB. NET"

bagaimana untuk membuat kode brang di vb tanpa koneksi dari mysql

Back To Top