MEMBUAT FUNGSI CARI/SEARCH DENGAN VB.NET

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengaenai bagaimana cara mencari data pada seluruh baris di DataGridview Vb.Net - Sebelum melanjutkan turorial ini, alangkah lebih baiknya jika Anda menguasai tentang Membuat Modul Konesi di VB.Net dan juga mengenai Cara Menampilkan Data ke DataGridView Vb.net karena tutorial kali ini sangat erat hubunganya dengan tutorial tersebut.

Seperti kita ketahui bersama bahwa banyak sekali manfaat atau Fungsi dari search / cari diantaranya seperti mempermudah user dalam mencari data yang ada di DataGridView, hal ini tentu saja akan berguna jika data yang ada sudah mencapai ribuan bahkan jutaan record. Bisa Anda bayangkan sendiri, disaat anda sedang membutuhkan sebuah data dan data tersebut berada dalam ribuan record, apa yang akan Anda lakukan? Apakah anda akan mencari data tersebut satu-persatu? sudah tentu waktu anda akan habis terbuang dan tidak efektif. Masih banyak manfaat lain yang akan didapatkan dengan adanya form Pencarian data di Vb.Net ini.

CARA MEMBUAT FUNGSI CARI/SEARCH DENGAN VB.NET

Contoh Program Pencarian di Vb.Net

  • Pertama buatlah sebuah project baru kemudian tambahkan satu buah form lalu seret komponen yang kita butuhkan seperti satu buah TextBox, satu buah label, DataGridView dan dua buah button. Lalu ganti nama semua komponen, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar diatas. 
  • Setelah Anda selesai mengganti nama semua komponen lalu klik dua kali pada button cari, lalu tambahkan coding berikut ini.
 koneksi.Close()
        buka()
        cmd = New SqlClient.SqlCommand("SELECT * from tbbarang where kdbarang like '%" & txtcari.Text.Replace("'", "''") & "%' or nmbarang like '%" & txtcari.Text.Replace("'", "''") & "%'", koneksi)
        adaptor = New SqlClient.SqlDataAdapter
        adaptor.SelectCommand = cmd
        data = New Data.DataSet
        adaptor.Fill(data, "c")
        DataGridView1.DataSource = data
        DataGridView1.DataMember = "c"
  • Supaya lebih jelas tentang coding tersebut diatas, lihat gambar berikut ini.
CARA MEMBUAT FUNGSI CARI/SEARCH DENGAN VB.NET
  • Dan terakhir jangan lupa klik dua kali pada form lalu ketikan "buka" tanpa tanda petik. Artinya yaitu memanggil modul koneksi yang sudah kita buat sebelumnya.
  • Dan akhirnya proses membuat form pencarian di DataGridView Vb.Net telah selesai. Untuk mencobanya silahkan Anda running program tersebut dengan menekan tombol F5 pada keyboard.
Sekian dari saya mengenai CARA MEMBUAT FUNGSI CARI/SEARCH DENGAN VB.NET. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat bagi kita semua, "Aamiin". Terima Kasih.
Tag : VBNET
2 Komentar untuk "MEMBUAT FUNGSI CARI/SEARCH DENGAN VB.NET"

Back To Top