CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS

Cara Menjalankan Xampp di Windows 7 - Pada artikel sebelumnya kita telah berhasil Install Xampp di Windows dan pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel tersebut yaitu bagaimana Cara Menjalankan Xampp di Windows. Jika Anda berhasil dan sukses Menginstal aplikasi Xampp di komputer atau laptop, maka buka aplikasi tersebut melalui START –> All Program –> XAMPP –> XAMPP Control Panel kemudian pilih Xampp Control Panel. Lihat gambar dibawah ini.

CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS

Disaat XAMPP Control Panel dijalankan maka akan ada beberapa modul yang tersedia diantaranya Modul Apache, Modul Mysql, Filezilla dan beberapa modul lainnya. Dan sekarang yang harus Anda lakukan yaitu klik tombol start untuk menjalankan semua modul aplikasi mulai dari Apache, Mysql, Filezila, Mercury, Tomcat. Untuk menghentikan semua modul aplikasi yang sedang berjalan klik tombol Stop. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS

Penjelasan atau gambaran singkat dari control panel Xampp pada gambar diatas
  • No 1 merupakan tempat Log dari semua aktifitas aplikasi yang sedang berjalan.
  • No 2 merupakan Alat atau tool untuk mengontrol setiap module yang ada pada aplikasi XAMPP.
  • No 3 yaitu digunakan untuk membuka panel konfigurasi.
  • No 4 yaitu digunakan untuk menampilkan semua proses yang ada di dalam server.
  • No 5 bisa Anda gunakan untuk membuka Unix Shell.
  • No 6 digunakan untuk membuka windows explorer.
  • No 7 berguna untuk menampilkan service yang sedang berjalan dibalik layar atau tidak tampak.
Catatan: Pastikan jika di komputer Anda tidak sedang menggunakan Xampp versi yang berbeda. Dan jika di komputer Anda sudah pernah terinstal  Aplikasi Xampp maka silahkan di matikan terlebih dahulu Apache dan modul lain yang sedang berjalan atau Anda bisa juga dengan uninstall Xampp versi yang lama. Gunanya yaitu mencegah terjadinya bentrok atau error pada saat mengaktifkan  semua modul yang ada.

 FUNGSI LOCALHOST DAN HTDOCS DI XAMPP

LOCALHOST merupakan sebuah gabungan kata yakni local dan host. Local memiliki arti lokal / internal komputer Anda, sedangkan untuk host mempunyai makna penyedia jasa hosting. Hosting sendiri mempunyai arti sebuah tempat untuk menyimpan atau menaruh file-file dari web server. Bisa kita ambil kesimpulan jika Localhost adalah suatu sebutan untuk memanggil hosting pada komputer lokal (komputer Anda) yang  sudah diinstal web server.

HTDOCS adalah sebuah folder untuk meletakan atau menyimpan file php yang telah dibuat. Dan biasanya Folder HTDOCS akan terbentuk secara otomatis saat menginstal program Aplikasi XAMPP. Untuk memanggil aplikasi php yang telah dibuat, anda diharuskan untuk menyimpan file tersebut di folder HTDOCS. Karena disaat memanggil alamat localhost pada browser maka yang akan tampil adalah hasil kompilasi dari file-file yang ada pada folder HTDOCS.

Lokasi folder HTDOCS terletak didalam folder XAMPP, secara default berada pada drive C: akan tetapi bisa juga di Drive D ataupun drive E tergantung dimana anda menginstall program XAMPP. Sebagai contoh:
Secara default berada C:\xampp\htdocs, akan tetapi jika anda menginstal aplikasi Xampp di drive D maka posisinya akan berubah menjadi D:\xampp\htdocs.

CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS

Menjalankan Aplikasi PHP di Xampp

Untuk pemanggilan Aplikasi PHP yang telah dibuat, bisa Anda dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Buatlah program sederhana melalui notepad, ketikan coding singkat seperti berikut ini kemudian simpan file tersebut di C:\xampp\htdocs\ (atau direktori dimana Anda menginstal XAMPP). Beri nama file tersebut dengan nama "coba.php" 

?php
echo 'Halo Indonesia';
?>


Sekarang buka aplikasi browser yang Anda miliki ( Google Chrome, Mozila, dll) lalu arahkan halaman browser Anda ke alamat localhost/coba.php 
Jika Anda sukses tidak terjadi error maka di halaman browser tersebut akan menampilkan pesan "Halo Indonesia". Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut ini

CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS
Sekarang Anda telah bisa memanggil dan membuat aplikasi PHP sederhana. Selanjutnya silahkan Anda kembangkan aplikasi tersebut menjadi seperti web pada umumnya. Dan untuk membuat database MySql silahkan baca artikel tentang Cara Membuat Database MYSQL.

Sekian Tutorial mengenai cara Menjalankan Aplikasi Xampp di Windows. Mudah-mudahan tutorial ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua "aamiin". Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan tidak perlu ragu untuk berkomentar dibawah ini. Terima Kasih

Tag : MYSQL
3 Komentar untuk "CARA MENJALANKAN XAMPP DI WINDOWS"

Back To Top