MENAMPILKAN DATA KE LISTVIEW DI VB.NET

Pada kesempatan kali ini saya akn membahas mengenai Cara Menampilkan Data ke Listview di VB.Net dengan Database Sql Compact. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh dari listview, salah satunya yaitu mempermudah user untuk melihat apakah yang diinputkan sudah benar atau belum, selain itu listview  juga bisa kita jadikan seperti textbox.

Sebelum kita lebih lanjut kita membahas tentang Cara Menampilkan Data ke Listview di VB.Net, alangkah baiknya anda membaca tentang Membuat Koneksi Modul Di VB.Net dan juga mengenai Cara Input, Delete, Update Database. Karena nantinya akan lebih memudahkan anda dalam membuat tutorial ini. 

Berikut adalah langkah-langkah Menampilkan Data ke Listview di VB.Net

  • Pada Aplikasi yang telah anda buat tambahkan sebuah listview  kemudian pada Properties ubahlah sesuai  dengan gambar sebagai berikut:

    • GridLines : True
    • FullRowSelect : True
    • View : Details
  • Setelah anda selesai merubah semua pada properties kemudian tambahkan column pada listview yaitu dengan cara klik kanan pada listview lalu add columns. Sesuaikan jumlah Column sesuai yang ada pada database, Lihat gambar di bawah ini
  • Setelah anda selesai semuanya kemudian klik dua kali pada form dan masukan coding dibawah ini 
koneksi.Open()
Dim Tbl As New DataTable
Dim Ds As New DataSet
Dim Da As New SqlCeDataAdapter("select*from NamaTabel", koneksi)
Da.Fill(Ds)
Tbl = Ds.Tables(0)

ListView1.Items.Clear()
For j As Integer = 0 To Tbl.Rows.Count - 1
With ListView1
.Items.Add(Tbl.Rows(j)("Column1"))
With .Items(.Items.Count - 1).SubItems
.Add(Tbl.Rows(j)("Column2"))
.Add(Tbl.Rows(j)("Column3"))
.Add(Tbl.Rows(j)("Column4"))
.Add(Tbl.Rows(j)("Column5"))
End With
End With
Next
koneksi.Close()

  • Coding diatas bisa anda letakan pada Event Form_Load atau bisa juga dengan membuat Sub tertentu. Jika anda menggunakan sub anda tinggal memanggil nama sub tersebut saat proses simpan, update, ubah, delete database. 
  • Untuk koding yang berwarna merah anda rubah dan sesuaikan dengan nama tabel dan column sesuai database yang anda buat. 
  • Sekarang anda telah bisa menampilkan isi database ke dalam listview. Dan untuk memastikanya sekarang anda running aplikasinya dengan menekan tombol F5.
Sekian Tutorial mengenai Cara Menampilkan Data ke Listview di VB.Net dengan Database Sql Compact, Mudahmudahan tutorial ini memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Dan jika anda memiliki sebuah pertanyaan, silahkan berkomentar di tempat yang sudah saya siapkan. Terima Kasih

Tag : VBNET
0 Komentar untuk "MENAMPILKAN DATA KE LISTVIEW DI VB.NET"

Back To Top