CARA MENGGABUNGKAN BANYAK TABLE / JOIN TABLE DI VB. NET

Cara JOIN TABLE di VB.Net atau bagaimana cara menggabungkan dua table atau lebih table menjadi satu yang akan ditampilkan di datagridview Vb.Net - Pada pembuatan sebuah program aplikasi kita memerlukan tampilan data yang tidak hanya berasal dari satu tabel saja, namun bisa dari beberapa tabel sekaligus. Masing-masing tabel tersebut akan saling berhubungan/berelasi antara yang satu dengan lainnya. Relasi-relasi antar tabel tersebut berupa relasi 1-1 (one-to-one), 1-M (one-to-many), atau M-N (many-to-many). 

Untuk menggabungkan dua atau lebih tabel menjadi satu, kita bisa menggunakan perintah "JOIN (INNER JOIN)", "LEFT JOIN (LEFT OUTER JOIN)", RIGHT JOIN (RIGHT OUTER JOIN), "CROSS JOIN". Di tutorial kali ini saya akan menggunakan perintah "JOIN (INNER JOIN), berikut langkah-langkahnya :
Pertama persiapkan dua tabel, disini saya mempunyai dua buah tabel (tbbarang dan tbharga)

JOIN TABLE DI VB. NET
JOIN TABLE DI VB. NET

Untuk menggabungkan dua buah table tersebut berikut koding yang bisa anda gunakan

SELECT TBBARANG.KDBARANG, TBBARANG.NAMABARANG, TBHARGA.KDHARGA, TBHARGA.HARGA FROM TBBARANG INNER JOIN TBHARGA ON TBBARANG.KDBARANG = TBHARGA.KDBARANG

Pengulangan table diatas terjadi pada field Kdbarang, karna field tersebut merupakan primary key nya dari tbbarang. Kemudian dari koding diatas maka akan menenampilakan seperti dibawah ini

JOIN TABLE DI VB. NET

Sekarang anda telah bisa menggabungkan dua buah table menjadi satu. Nah untuk menampilkan dari Database ke Datagridview saya akan membahas di postingan berikutnya.

Sekian dulu dari saya mengenai CARA MENGGABUNGKAN BANYAK TABLE / JOIN TABLE DI VB. NET. Mudah-mudahan artikel saya ini dapat membantu anda yang sedang membuat aplikasi, Dan jika anda memiliki pertanyaan, anda bisa menghubungi saya atau anda juga bisa berkomentar dibawah ini. Terima Kasih.
Tag : VBNET
1 Komentar untuk "CARA MENGGABUNGKAN BANYAK TABLE / JOIN TABLE DI VB. NET"

Back To Top